Bunga

Sebuah keindahan kadang datang tanpa kita sadari bukan berasal dari objek yang kita cari atau idamkan untuk di foto maupun di pandang. Kadang atau justru yang kerap terjadi diantara kita tau mungkin lebih sering saya alami adalah momen keindahan itu datang dengan sendirinya. Malah dari objek yang sering orang lihat sehingga seakan keindahannya adalah hal yang tak memiliki arti spesial.

Begitulah mata kita memandang. Bunga ini saya ambil gambarnya ketika akan meninggalkan SMK IPP di Ciamis. Jangan bosan ya, cukup banyak shot yang saya ambil ketika liputan ke sana. Bisa jadi alternatif jika ingin liburan bebas kemacetan puncak. Tapi memang jaraknya dengan Ibukota terbilang jauh. Kembali lagi ke bunga itu, jujur, saya pun tidak tahu jenis bunga itu tapi dia jadi nampak indah karena perannya yang menghidupkan suasana depan kelas.


photo by: Reza Purwantara Firdaus
Sebuah bunga dalam pot yang nampak biasa
Meski bagi para siswa bunga itu tidak ada artinya, paling tidak dia berarti bagi orang seperti saya yang menyukai keindahan. Berarti bagi lebah maupun serangga yang mencari makan disekitarnya. Berarti bagi tanaman itu sendiri karena dengan berbunga ia bisa melanjutkan kehidupan.

Bunga pun bisa mekar tanpa ada yang meminta, tanpa peduli bakal dipuji atau dicerca. Saat ia mekar, ia akan mekar tak peduli apa kata ilalang, bahkan belalang pun rupanya tak peduli. Contoh perenungan bagi kita, berkaryalah. Meski karya itu tidak pernah dilihat oleh orang. Meski karya kita jadi cemoohan orang. Meski karya kita dipandang sesaat sambil lalu. Cukuplah, jika kita bisa menikmati sendiri karya kita. (Reza)

Popular Posts